Monday, June 24, 2013

Komponen Elektronik Dasar

   Didalam bidang elektronika dikenal ada dua macam komponen elektronika dasar yang dikelompokkan menurut perlu tidaknya energi listrik selama bekerjanya.
Dua macam komponen ini adalah komponen aktif dan komponen pasif. dua jenis komponen elektronika yang akan kita pelajari dalam dasar elektronika ini senantiasa ada didalam tiap-tiap rangkaian elektronika.

Komponen elektronika dasar

Komponen aktif adalah type komponen elektronika yang membutuhkan arus listrik supaya dapat bekerja dalam rangkaian elektronika. contoh transistor dan dioda. sedangkan komponen pasif adalah jenis komponen elektronika yang bekerja tanpa membutuhkan arus listrik. contoh komponen pasif adalah kapasitor, resistor dan transformator.
Didalam dasar elektronika penggunaan kedua type komponen ini nyaris senantiasa dipakai berbarengan, kecuali dalam rangkaian-rangkaian pasif yang hanya memakai komponen-komponen pasif saja.
bahan yang bersifat semikonduktor banyak diterapkan didalam komponen komponen elektronika baik yang bersifat aktif ataupun yang bersifat pasif.

1. resistor adalah komponen elektronika dasar yang berperan menghambat atau membatasi arus listrik yng mengalir pada satu rangkaian elektornika. resistor mempunyai dua type yaitu ;
a. resistor tetap
b. resistor varia

2. kapasitor
kapasitor atau kondensor adalah komponen elektronika dasar yang bisa menyimpan energi listrik didalam bentuk muatan listrik selama selang waktu tertentu tanpa dibarengi adanya reaksi kimia.
satu pelat jadi bermuatan positif dan pelat yang lainnya bermuatan negatif. kapasitansi kapasitor adalah kekuatan kapasitor untuk menyimpan energi listrik..
jenis-jenis kapasitor
menurut bahan dielektrik dan penggunaannya, kapasitor terdiri dari beberapa jenis kapasitor yaitu:.
a. kapasitor variabel ( varco )
kapasitor ini dipakai untuk tuning pesawat radio atau melacak gelombang radio. kapasitor ini memakai udara sebagai bahan dielektriknya. kapasitor type ini memakai pelat yang tidak bisa digerakkan ( stator ) dan pelat yang bisa digunakan ( rotor ). mengubah kapasitas kapasitor, frekuensi sirkuit yang dicari bisa distel.
b. kapasitor keramik
kapasitor keramik memiliki dielektrik yang terbuat dari keramik. kapasitor jenis ini memiliki elektroda yang terbuat dari logam dan dielektritnya terdiri atas campuran titanium oksida dan oksida lain. kapasitor keramik digunaka untuk meredam bunga api, layaknya pada bunga api yang timbul pada platina kendaraan bermotor.
c. kapasitor kertas
kapasitor ini memiliki dielektrik yang terbuat dari kertas.
d. kapasitor plastik
kapasitor plastik memiliki selaput plastik sebagai dielektriknya.
e. kapasitor elektrolit ( elco )
kapasitor elektrolit memiliki dielektrik berbentuk oksida aluminium. bahan dielektrik dipakai untuk melapisi elektroda negatif.

3. induktor adalah komponen yang bisa menyimpan energi pada medan magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik yang melintasinya

4. dioda adalah komponen elektronika dasar yang berperan untuk mengaliri arus listrik didalam satu arah dan untuk menahan arus dari arah sebaliknya

5. transistor adalah komponen elektronika dasar yang mempunyai 3 lapisan n-p-n atau p-n-p. transistor dipergunakan sebagai penguat listrik, sebagai sirkuit pemutus dan penyambung arus, modulasi sinyal, stabilisasi tegangan, dan beberapa fungsi lainnya



0 comments:

Post a Comment

 

Qyuu's Tech Copyright © 2013 -- Template created by Qyuukun -- Powered by Blogger